Jumat, 15 Desember 2017

Restoran

Gadget

Notch Remover, Penghilang Lekuk pada Layar iPhone X

Rabu, 15 November 2017

article thumbnail Aplikasi tersebut berfungsi secara efektif menghilangkan notch (lekuk) pada iPhone X dengan menambahkan bilah hitam ke bagian atas gambar, yang dapat Anda setel sebagai wallpaper dari menu...
Selanjutnya..

Tiga Unik Seri Yoga Lenovo

Minggu, 22 November 2015

article thumbnail Inilah  keunikan ketiganya. Lenovo Yoga 900. Bodinya tipis dan ringan. Engsel antara layar dan keyboard inilah yang menjadi keunikannya. Terdiri atas 813 keping baja, engsel dapat diputar hingga...
Selanjutnya..

Artikel lainnya
Baner

Gang Selot, Wisata Kuliner Murah Meriah

  • PDF

Kalau suatu ketika Engkau ke Bogor dan ingin menikmati makanan khas Bogor, aku sarankan menuju jalan ini:  Gang Selot, nama yang aneh, tapi gampang diingat.

Aku “menemukan” nama ini  dulu dari anak-anakku yang sekolah di SMPN 1 di Jalan Juanda, depan Kebun Raya. Nah, Gang Selot ini terletak di sisi sekolah itu. Sebuah gang di pinggir Jalan Juanda yang panjangnya tak lebih dari 500 meter.

Berderet makanan ada di sini. Awalnya, menurutku, warung-warung itu untuk melayani anak-anak SMP atau SMAN 1 yang jaraknya tak lebih 100 meter dari tempat itu. Karena pangsa anak-anak sekolah, maka harganya pun sesuai dengan kantong mereka, tak mahal.

Kemudian berkembang. Tak hanya anak sekolah, juga sejumlah pegawai yang berkantor di dekat sana. Kemudian berkembang lagi, mereka yang pernah mencicipi makanan itu menjadi pelanggan, dan kemudian mengajak dan memberitahu orang lain.  –aku termasuk kelompok ini.

Hampir semua makanan khas Bogor favoritku ada di sini. Terutama toge goreng dan kupat tahu. Toge  goreng ini makanan khas Bogor yang awalnya, dimataku aneh: kecambah bercampur mie diberi oncom dan tauge. Rasanya antara manis, asam…. Tapi, setelah beberapa kali aku mencicipi, aku merasakan nikmatnya. Merasakan sensasinya, demikian istilah mereka,  para ahli kuliner.

Yang pasti, menurutku,  makanan ini sehat, terutama toge gorengnya yang direbus itu. Ya, walau ada kata “goreng”  faktanya, tak ada bahan-bahannya yang digoreng. Semua direbus dengan air yang menimbulkan asap berkepul-kepul.

Selain lain toge goreng, yang aku gemari kupat tahu. Aku tidak tahu apa ini termasuk makanan asli  Bogor, karena setahuku nama “kupat tahu” juga ada di beberapa daerah Jawa Tengah. Tapi, karena di Bogor juga banyak, mungkin ini namanya “kupat tahu Bogor.” Persis seperti soto. Ada soto Madura, Kudus, Soto Betawi…  Toge  Goreng atau Kupat tahu, ditemani segelas es doger, itu kegemaranku. Harganya, toge goreng sepiring Rp 10.000, kupat tahu Rp 8.000 dan es doger Rp 5.000.

Cukup rame kuliner gang Selot di hari Senin sampai Sabtu. Semakin rame jika pas hari pembagian rapot atau hari-hari yang membuat para orangtua mesti ke sekolah. Itu karena, biasanya, mereka juga mampir ke gang ini untuk berkuliner.

Aku hitung, tak kurang ada 25-an warung makanan di situ. Selain yang aku sebutkan tadi, ada soto Bogor, ketoprak, gado-gado, ayam penyet, ayam bakar,  bakso, siomai, nasi liwet, batagor,  bubur,  karedok, hingga aneka pie dan minuman.

Harganya, sejujurnya, amat murah dibanding di tempat lain. Murah dan enak. Itu menurutku.

Karena itu, jika engkau  ke Bogor, dan berdiam di sekitar Kebun Raya, cobalah mampir ke tempat ini.  Jangan di hari Minggu, karena Gang Selot tutup di hari itu.  Paling pas, sekitar jam 12-an siang. (dikutip dari  www.catatanbaskoro.wordpress.com)

Tajur, Surga Tas Merk Apa pun

  • PDF

Para penggemar tas, terutama tas perempuan, di Bogor dan sekitarnya, tidak asing lagi dengan darerah Tajur. Inilah pusat penjualan tas berbagai merk dengan tampilan menarik.

Jalur Tajur yang dari arah Bogor menuju Ciawi-Puncak,  dikenal dari dulu sebagai jalur toko tas. Sejak 1995 tempat ini sudah berdiri puluhan toko tas yang sampai sekarang tetap bertahan. Karena jalur ini, juga jalur menuju Puncak sehingga banyak pelancong yang singgah membeli tas setelah pulang dari Puncak.

Berbagai tas dengan harga maksimal sekitar Rp 500 ribuan ada di sini. Harus diakui sejumlah tas yang diberi label merek-merek terkenal itu memang aspal alias palsu. Kendati demikian para pengunjung seperti tak peduli. Selintas, tas itu tetap saja seperti asli,  menarik karena desain dan warnanya.

Sekitar Tajur memang terdapat sentra-sentra pengrajin tas. Jika dulu, 1995 an ada sekitar 40-an  toko tas, kini jumahnya tinggal 20-an. Walau demikian, tetap saja nama Tajur lebih identik sebagai sentra penjualan tas. Sejumlah toko tas terkenal di situ antara lain,  Elizabeth, Terminal Tas, Fashion Tas. Sumber Tas Tajur,Dunias Tas dll.  Rata-rata harganya Rp 80 ribu- Rp 200.000

Para pengrajin yang terkenal sebagai pemasok tas di Tajur antara lain pengrajin dari kampung Ciampea dan Cimanggis, Bogor. Mereka sudah puluhan tahun menekuni pembuatan tas.

Karena tas-tas tersebut dijual dengan harga miring, maka tak heran jika banyak orang luar kota yang juga datang untuk membeli dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh. Tak hanya tas,  di toko-toko tas itu juga dijual ikat pinggang, dompet, ransel, hingga baju-baju untuk petualang. "Jadi, kalau ibu-ibunya belanja, bapaknya juga bisa milih-milih," kata seorang penjual. (Candra(

Gunung Mas, Puncak

  • PDF

Dari Bogor tak sulit mencapai   tempat wisata kebun teh  ini.   Terletak  di daerah puncak, areal lokasi wisata “Agrowisata Gunung Mas”  terletak di kanan jalan. Selanjutnya...

Museum Tanah

  • PDF

 

Berawal dari didirikannya "Laboratorium voor Agrogeologie en Grond Onderzoek" sebagai bagian dari Lands Plantentuin (Kebun Raya Bogor) oleh pemerintah Belanda pada tahun 1905 , yang kemudian menjadi menjadi Bodemkundig Instituut Tahun 1942, pada masa penjajahan Jepang, berubah nama menjadi Dozyoobu dan saat  Negara Republik Indonesia baru saja diproklamirkan, nama Bodemkundig Instituut kembali digunakan. Selanjutnya...

intalk.eu - website ini untuk jual! - Sumber dan Informasi intalk terbaik.