Rabu, 18 Juli 2018

Restoran

Gadget

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Hadir di Indonesia

Senin, 26 Februari 2018

article thumbnail "Sudah bisa pre order di Indonesia malam ini tepat Pukul 00.00 WIB di situs www.galaxylaunchpack.com," ujar Product Marketing Manager PT Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina, dalam...
Selanjutnya..

Notch Remover, Penghilang Lekuk pada Layar iPhone X

Rabu, 15 November 2017

article thumbnail Aplikasi tersebut berfungsi secara efektif menghilangkan notch (lekuk) pada iPhone X dengan menambahkan bilah hitam ke bagian atas gambar, yang dapat Anda setel sebagai wallpaper dari menu...
Selanjutnya..

Artikel lainnya
Baner

Gang Selot, Wisata Kuliner Murah Meriah

  • PDF
Share

Kalau suatu ketika Engkau ke Bogor dan ingin menikmati makanan khas Bogor, aku sarankan menuju jalan ini:  Gang Selot, nama yang aneh, tapi gampang diingat.

Aku “menemukan” nama ini  dulu dari anak-anakku yang sekolah di SMPN 1 di Jalan Juanda, depan Kebun Raya. Nah, Gang Selot ini terletak di sisi sekolah itu. Sebuah gang di pinggir Jalan Juanda yang panjangnya tak lebih dari 500 meter.

Berderet makanan ada di sini. Awalnya, menurutku, warung-warung itu untuk melayani anak-anak SMP atau SMAN 1 yang jaraknya tak lebih 100 meter dari tempat itu. Karena pangsa anak-anak sekolah, maka harganya pun sesuai dengan kantong mereka, tak mahal.

Kemudian berkembang. Tak hanya anak sekolah, juga sejumlah pegawai yang berkantor di dekat sana. Kemudian berkembang lagi, mereka yang pernah mencicipi makanan itu menjadi pelanggan, dan kemudian mengajak dan memberitahu orang lain.  –aku termasuk kelompok ini.

Hampir semua makanan khas Bogor favoritku ada di sini. Terutama toge goreng dan kupat tahu. Toge  goreng ini makanan khas Bogor yang awalnya, dimataku aneh: kecambah bercampur mie diberi oncom dan tauge. Rasanya antara manis, asam…. Tapi, setelah beberapa kali aku mencicipi, aku merasakan nikmatnya. Merasakan sensasinya, demikian istilah mereka,  para ahli kuliner.

Yang pasti, menurutku,  makanan ini sehat, terutama toge gorengnya yang direbus itu. Ya, walau ada kata “goreng”  faktanya, tak ada bahan-bahannya yang digoreng. Semua direbus dengan air yang menimbulkan asap berkepul-kepul.

Selain lain toge goreng, yang aku gemari kupat tahu. Aku tidak tahu apa ini termasuk makanan asli  Bogor, karena setahuku nama “kupat tahu” juga ada di beberapa daerah Jawa Tengah. Tapi, karena di Bogor juga banyak, mungkin ini namanya “kupat tahu Bogor.” Persis seperti soto. Ada soto Madura, Kudus, Soto Betawi…  Toge  Goreng atau Kupat tahu, ditemani segelas es doger, itu kegemaranku. Harganya, toge goreng sepiring Rp 10.000, kupat tahu Rp 8.000 dan es doger Rp 5.000.

Cukup rame kuliner gang Selot di hari Senin sampai Sabtu. Semakin rame jika pas hari pembagian rapot atau hari-hari yang membuat para orangtua mesti ke sekolah. Itu karena, biasanya, mereka juga mampir ke gang ini untuk berkuliner.

Aku hitung, tak kurang ada 25-an warung makanan di situ. Selain yang aku sebutkan tadi, ada soto Bogor, ketoprak, gado-gado, ayam penyet, ayam bakar,  bakso, siomai, nasi liwet, batagor,  bubur,  karedok, hingga aneka pie dan minuman.

Harganya, sejujurnya, amat murah dibanding di tempat lain. Murah dan enak. Itu menurutku.

Karena itu, jika engkau  ke Bogor, dan berdiam di sekitar Kebun Raya, cobalah mampir ke tempat ini.  Jangan di hari Minggu, karena Gang Selot tutup di hari itu.  Paling pas, sekitar jam 12-an siang. (dikutip dari  www.catatanbaskoro.wordpress.com)

intalk.eu - Situs web ini dijual! - intalk Sumber daya dan Informasi.